Sejarah

Pada tahun 1993 Pemerintah Indonesia membuat program untuk mengurangi pengangguran terutama di kalangan remaja. Tiap tahun diperkirakan 95 % golongan remaja tersebut siap memasuki dunia kerja, namun hanya 12 % saja yang dapat terserap. Kendala yang dihadapi antara lain minimnya lapangan pekerjaan dan kurangnya ketrampilan yang dimiliki oleh calon tenaga kerja. Hal ini perlu dicari jalan keluar agar lulusan SLTA atau sederajat tidak hanya mengandalkan sebagai pegawai saja, tetapi dapat bekerja sendiri, mandiri bahkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.
Dekdikbud merencanakan pendirian sekolah kejuruan sebagai  wadah pendidikan ketrampilan yang dapat mengisi dunia kerja atau bekerja secara  mandiri. Namun program ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, diambil kebijaksanaan dengan menambah program kejuruan baru bagi sekolah – sekolah kejuruan yang sudah ada.
Salah satu program tersebut dapat direalisasikan pada tahun pelajaran 1986 s/d 1987 di SMKI (SMKN 8)Surakarta, dengan dibukanya Seni Kriya untuk melengkapi 3 jurusan yang sudah ada yaitu Seni Tari, Seni Karawitan, dan Seni Pedalangan. Jurusan Seni Kriya ini yang selanjutnya menjadi cikal bakal berdirinya SMSR (SMKN 9 Surakarta)

Pada tanggal 11 Juni 1990 Pemerintah mengeluarkan SK No-D3 8910 / 1990 tentang pendirian SMSR Surakarta untuk mewadahi jurusan Seni Kriya yang ada di SMKI Surakarta.

Terdapat Tokoh Perintis :

1. Drs. H. R Wiranto

Merupakan Kepala Sekolah SMKI Surakarta sekaligus merangkap jabatan Kepala Sekolah SMSR Surakarta sampai tgl 30 Juni 1992

2. Dra. Siti Ngadili

Merupakan Kepala Sekolah SMKI Surakarta mulai tangga 1 Juli 1992, sekaligus merangkap jabatan Kepala Sekolah SMSR Surakarta

3. Drs. Nur Sulaiman

Tahun 1992 SK Kepala Sekolah SMSR  Surakarta turun, dengan Drs. Sulaiman sebagai Kepala Sekolah pertama. Waktu itu SMSR masih menempati gedung di Jl. Konservatori Kepatihan Wetan, Jebres Surakarta karena gedung SMSR Surakarta masih dalam tahap pembangunan.

Tokoh Penerus :

4. Drs. Eko Sumarso, M.BA

5. Drs. Sudarto, MM

6. Drs. Tatuk Heryanto, MM

7. Drs. Sriyadi, MM (2012 – 2015)

8. Drs. Bangkit Budiarto (sampai sekarang)

Pada bulan Juni 1993 SMSR Surakarta menempati gedung baru yang berada di Jl. Tarumanegara, Banyuanyar, Banjarsari, Surakarta dengan fasilitas belajar yang masih sangat minim, namun tahun demi tahun SMSR  Surakarta melengkapi berbagai peralatan sesuai dengan standar Jurusan Kriya. Tanggal 18 Juni 1994 SMSR Surakarta diresmikan oleh Prof. Ing Wardiman Djojonegoro dengan membuka 3 Jurusan yaitu : Seni Rupa, Kerajinan Kayu, dan Kerajinan Tekstil. Kemudian tahun ajaran 2001 s/d 2002 bertambah satu jurusan lagi yaitu Jurusan Kerajinan Logam. Karena tuntutan perkembangan Teknologi Informasi maka pada tahun 2005 bertambah lagi 2 jurusan yaitu Multimedia dan Animasi. Jurusan Multimedia ini merupakan yang pertama kali berdiri di kota Surakarta dan menjadi jurusan favorit di Kota Surakarta sampai sekarang.

Tahun 2005 waktu itu yang menjabat kepala sekolah adalah Drs. Sudarto, MM nama SMSR Surakarta diganti menjadi SMK Negeri 9 Surakarta. Selang 3 tahun SMK Negeri 9 Surakarta membuka 2 jurusan  yaitu Tata Busana dan DKV ( Desain Komunikasi Visual ). Kemudian pada tahun 2009 SMK Negeri 9 Surakarta kembali membuka jurusan baru lagi yaitu TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) sehingga sekarang SMKN 9 Surakarta memiliki 9 jurusan.  SMKN 9 Surakarta juga sudah meraih sertifikat ISO 9001 : 2008 dan  sedang menuju menjadi SBI ( Sekolah Berstandar Internasional ).

Tahun 2012 dibawah pimpinan Bp. Drs. Sriyadi, MM, SMKN 9 Surakarta berusaha memperbaiki semua lini pelayanan sekolah dan melengkapi sarana dan prasarana sekolah guna menciptakan pembelajaran yang lebih nyaman. Berbagai program yang dilakukan antara lain penambahan ruang KBM, pembuatan perpustakaan digital, penambahan area hotspot sekolah, perbaikan masjid, perbaikan sarana olahraga, dan pembuatan taman sekolah guna mendukung program sekolah menjadi sekolah adiwiyata.

Pertengahan tahun 2015, tepatnya tanggal 30 Juni 2015, terjadi pergantian pucuk pimpinan dari Bp. Drs. Sriyadi MM kepada Bp. Drs. Bangkit Budiarto.