LKS Tingkat Nasional Ke-25 di Surakarta

LKS NASIONAL 25

PSMK.KEMDIKBUD.GO.ID – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional yang ke-25 akan segera berlangsung di Stadion Gelora Manahan, Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 16-18 Mei 2017.
Stadion kebanggaan Tim Sepakbola Persis Solo itu dibedah untuk menentukan denah lokasi, mulai lokasi venue lomba, panggung hiburan, posko kesehatan dan posko keamanan demi kelancaran dan kenyamanan acara LKS ke-25.
Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surakarta, Joni Hari Sumantri, ditunjuk sebagai Tim Panitia Pengarah. Dia mengatakan, publik sepakbola tidak perlu khawatir rumput stadion kebanggaan rusak. Lantaran lomba tidak dilaksanakan di atas rumput, melainkan memanfaatkan ruang yang tersedia.
Joni melanjutkan, lomba akan terbagi di ruangan terbuka (outdoor) dan tertutup (indoor). Untuk pameran hasil karya peserta yang mengandung polutan dan memerlukan tempat pembuangan limbah, akan ditempatkan di ruangan outdoor.
“Ruangan indoor akan digunakan untuk memerkan hasil karya peserta yang tidak mengandung polutan, sementara ruangan outdoor menggunakan Lapangan Banteng untuk yang berpolutan,” sebut Joni dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan LKS SMK Tingkat Nasional ke-XXV Tahun 2017 di Hotel Novotel Solo, 30 Maret 2017.
Dia pun yakin, Stadion Gelora Manahan mampu menampung lonjakan pengunjung. Mengingat, lomba LKS ini bertingkat nasional dan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Hal itu tentu akan menjadi magnet bagi warga yang ingin menyaksikan.
Joni pun berharap, LKS berjalan sesuai harapan, lancar dan sukses seperti saat pihaknya melaksanakan LKS Tingkat Provinsi tahun 2016 di Balai Kota Surakarta.
“LKS diharapkan berhasil mengembangkan potensi siswa SMK ke depan agar lebih kompetitif karena sudah menjadi tugas kita bersama dalam membina anak SMK,” ungkap Joni.
Namun, Joni menjelaskan bahwa tidak semua lomba dihelat di Stadion Manahan. Ada beberapa tempat rujukan yang digunakan untuk melaksanakan lomba, seperti kegiatan lomba di bidang Welding dan CADD Mechanical Engineering akan digelar di SMK Mikael Surakarta.
Untuk Bidang Industrial Control, IT/Software Application di SMKN 5 Surakarta; Mould Making, CNC Milling, CNC Turning di SMK Warga Surakarta; Web Design dan Information Technology Networking Support di SMKN 2 Surakarta.
Selanjutnya bidang lomba Telecom Distribution Technology, Graphic Design Technology, Auto Cad/CADD Building di SMKN 4 Surakarta; Printing di Percetakan Joglo Semar; Hotel Accommodation Hotel The Sunan Solo; Caring/Pekerjaan Sosial dan Accounting di SMKN 7 Surakarta.
Terakhir untuk bidang lomba Animation 3 Dimensi dari negara ASEAN dilaksanakan di Swissbell Hotel, sedangkan finalis lomba Product Innovation dan Software Creation akan melaksanakan pameran di Stadion Manahan.
“Jadi kemarin kita sepenuhnya sudah berkoordinasi dengan tim teknis dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud), mulai dari pemetaan lokasi dan pembagian blocking sesuai dengan tingkat kerumitan masing-masing dan yang ada sekarang adalah hasil kajian kondisi spesifik yang ada di lapangan secara detil dan mendalam,” jelas Joni.
Sementara itu, Kasubdit Perserta Didik Direktorat Pembinaan SMK, Ir. Nur Widyani MM mengaku optimis jika pelaksanaan LKS Tingkat Nasional ke-25 akan memberikan manfaat luas kepada masyarakat khususnya warga SMK.
Tak lupa dia mengharapkan bantuan dari SMK pengampu LKS dan juga warga Surakarta agar kegiatan LKS Tingkat Nasional ini bisa berlangsung meriah, menggembirakan dan memiliki manfaat positif bagi semua yang ikut berpartisipasi.
“Saya optimis dalam dua minggu ke depan semua telah siap dan pada hari H semua berjalan sesuai dengan yang kami harapkan,” tutur Nur Widyani.
Dia pun mengingatkan, bahwa setiap provinsi harus mengirimkan daftar nama siswa dan bidang lomba yang diikuti melalui pendaftaran secara daring (online). Bagi provinsi yang tidak mengirimkan usulan nama peserta dan bidang lomba yang diikuti hingga tanggal 30 April 2017, maka provinsi tersebut dinyatakan tidak mengirimkan perwakilan.
Nur Widyani melanjutkan, selain lomba yang diikuti peserta dalam negeri, acara ini juga dimeriahkan lomba film Animasi 3 Dimensi oleh perwakilan peserta dari negara-negara ASEAN. Juga ada seminar internasional dan nasional dengan 4 topik setiap harinya di Universitas Sebelas Maret (UNS).